Cara Membersihkan Wajah

Cara Membersihkan Wajah – Hal yang paling penting diperhatikan adalah kebersihan kulit. Merawat kulit bukan hal yang rumit, tetapi harus dilakukan secara teratur. Anda perlu membersihkan wajah pada pagi dan malam hari, serta setelah berolahraga. Membersihkan wajah berguna untuk menghilangkan minyak, kotoran, keringat dan sel-sel kulit mati.

Cara Membersihkan Wajah

Cara Membersihkan Wajah

Cara Membersihkan Wajah

Bila wajah tidak dibersihkan, minyak yang menempel dengan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit akan menyumbat pori-pori dan menjadi jerawat. Meskit jerawat biasanya tumbuh pada pria remaja, tapi kadang-kadang jerawat timbul pada pria usia di atas 30-an. Jerawat bisa timbul bila kita kurang cermat dalam membersihkan wajah, stres, kurang tidur atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Bila jerawat muncul jangan memiji-mijit jerawat karena dapat menyebabkan infeksi dan membuat kulit berlubang yang sukar dihilangkan bekasnya.

Pembersih wajah ada yang berbentuk sabun, foam, gel atau lotion. Bila kulit wajah Anda terasa kencang setelah dibersihkan dengan sabun, itu disebabkan kadar alkalin yang terlalu tinggi dalam sabun. Pilihlah sabun yang bertuliskan pH balance agar kelembapan alami kulit tetap terjaga. Jangan menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah karena sabun mandi dapat mengurangi minyak alami kulit wajah. Tingkat keasaman (pH) alami kulit sekitar 5,5. Foam, sabun muka, atau gel yang dibuat khusus untuk membersihkan wajah memiliki pH yang cocok dengan pH alami kulit.

Bila Anda memilih pembersih wajah yang berbentuk lotion, gunakan selalu toner atau penyegar yang membeningkan kulit setelah kulit dibersihkan dengan cleanser. Meskipun toner membuat kulit terasa lembap, namun kulit tetap perlu diberi pelembap (moisturizer) untuk mengurangi garis-garis halus dan kerut pada wajah serta melembutkan kulit, terutama bagi jenis kulit kering.

Cara Perawatan Wajah

Merawat kulit wajah berminyak dilakukan dengan cara membersihkan wajah setiap hari dengan sabun dan air hangat. Bawalah selalu botol astrigen yang sewaktu-waktu dapat digunakan unutk mengurangi minyak pada kulit. Jika menggunakan make up, gunakan tisu untuk membuang kelebihan minyak pada wajah.

Untuk cara membersihkan wajah yang berjerawat dan kotor. Dapat mengaplikasikan buah mentimun yang telah dihaluskan dengan madu secukupmya. Sebelum tidur malam, basuhlah wajah dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan. Oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit wajah secara merata dan biarkan hingga mengering. Setelah mengering, bersihkan dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari setiap akan menjelang tidur.

Dengan rajin membersihkan wajah setiap hari akan memberi keuntungan bagi kulit wajah maupun pemiliknya. Dengan membersihkan kulit wajah setiap wajah setiap hari, wajah akan terlihat lebih bersih, cerah dan menambah rasa percaya diri.

Cara membersihkan wajah yang baik dan benar adalah :

  1. Disaat Anda sedang memilih jenis pembersih wajah atau juga cleanser yang tepat, maka bacalah terlebih dahulu pada kemasannya untuk mendapatkan jenis cleanser yang tepat yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Jika jenis kulit Anda merupakan jenis kulit kombinasi, maka seluruh kulit wajah baisanya akan cenderung kering namun pada bagian dahi dan hidung akan berminyak. Lebih teliti dalam membaca kemasan pembersih wajah untuk membantu Anda menghindari masalah alergi kulit dan munculnya jerawat serta flek hitam akibat pemakaian cleanser yang tidak cocok. Cleanser atau pembersih wajah yang tepat merupakan pembersih wajah yang tidak akan membuat kulit kesat dan akan membuatnya menjadi lembab atau licin.
  2. Sebelum Anda melakukan cara membersihkan wajah, maka sebaiknya terlebih dahulu bagian area wajah dari anak rambut dengan cara menguncirnya ke belakang atau Anda juga bisa menggunakan bandana.
  3. Membasahi wajah terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuatnya agar lebih lembab dan membuki pori-pori kulit. Kemudian setelah itu basahilah telapak tangan Anda dengan menggunakan air, kemudian ambillah sedikit cleanser, setelah itu gosoklah sampai busa keluar. Dan kemudian secara perlahan bersihkan wajah Anda sampai ke arah bagian leher dengan menggunakan busa dari cleanser tadi. Lakukanlah dengan gerakan seperti memutar dan disertai dengan pijatan secara perlahan dalam membantu menghilangkan sisa kotoran pada wajah, sekaligus membantu dalam melancarkan sistem peradaran wajah. Yakinkan bahwa busa yang dihasilkan cukup banyak dalam mengenai semua permukaan kulit wajah Anda.
  4. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan kain yang halus yang sudah terlebih dahulu dibasahi dengan air dingin. Atau Anda juga bisa membersihkan langsung dengan menggunakan air dingin tanpa kain. Air dingin bisa bermanfaat dalam membantu menutup pori-pori.
  5. Jika sudah bersih, kemudian basuhlah wajah dan bagian leher dengan menggunakan handuk yang halus dan kering. Jangan digosok! Sebaiknya ditepuk dengan perlahan. Hal ini untuk membantu mengeringkan kulit Anda dengan cara sehat agar tidak mengalami iritasi.
  6. Yang terakhir adalah, Anda bisa mengoleskan moisturizer atau juga pelembab untuk mencegah kulit kering.

Salah satu jenis masker wajah yang bisa digunakan dalam cara membersihkan wajah secara alami adalah putih telur. Putih telur bisa bermanfaat dalam membantu mengecilkan pori-pori yang besar. Cara penggunaan dari bahan ini juga lumayan mudah. Anda membutuhkan 2 butir telur, kemudian pisahkan putih telur dari kuning telur. Kocoklah putih telur tadi sampai berubah menjadi kaku. Kemudian dioleskan dengan merata di wajah dan didiamkan selama 30 menit. Bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Cara Membersihkan Wajah


>>> Pembersih Wajah Alami untuk Pria dan Wanita, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Cara Membersihkan Wajah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.